Menyiapkan Generasi Emas: Seminar Soft Skill dan Pelepasan PKL UMNU Kebumen

Kebumen, 25 Januari 2024 – Fakultas Pertanian dan Peternakan serta Fakultas Teknik Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen meriahkan kampus dengan gelaran Seminar Peningkatan Soft Skill Mahasiswa. Acara yang bertemakan “Menyiapkan Generasi Emas yang Berilmu, Berbudaya, Berkarakter di Era Industri 5.0” ini diadakan dalam rangka pelepasan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Pelepasan PKL diawali dengan prosesi pembukaan yang meriah. Ibu Umi Barokah, M.P., selaku Ketua Panitia PKL, menyampaikan bahwa sebanyak 238 mahasiswa dari PKL reguler, PKL mandiri, dan PKL MBKM akan menjalani program ini mulai 29 Januari hingga 8 Maret 2024. PKL kali ini tak hanya dilaksanakan di tingkat lokal, namun juga di dunia industri nasional dan regional.

Tujuan PKL tak hanya sebatas mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman di dunia industri, melainkan juga untuk membentuk karakter mahasiswa. Menurut Umi Barokah, mahasiswa diharapkan dapat menjaga sikap selama pelaksanaan PKL, menjauhi tindakan yang merugikan almamater, dan menyelesaikan laporan PKL dengan baik.

Sambutan dari Rektor UMNU Kebumen, Dr. H. Imam Satibi, M.Pd.I., menyoroti pentingnya mahasiswa memiliki soft skill yang tinggi di era industri 5.0. Menurutnya, mahasiswa harus siap menjadi pribadi yang handal dalam dunia industri, tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan tinggi tetapi juga kemampuan public speaking yang baik.

Puncak acara pelepasan PKL terjadi dengan prosesi penyematan mahasiswa PKL. Putra Kurniawan, Wahyu Tri Pamungkas, dan Arifah Ani Roana menjadi perwakilan dari masing-masing jenis PKL (reguler, mandiri, dan MBKM).

Acara selanjutnya adalah Seminar Peningkatan Soft Skill yang dihadiri oleh mahasiswa semester V dari berbagai program studi. Materi seminar disajikan oleh para ahli di bidangnya. Bu Dian Puspita Dewi membawakan materi public speaking, Bapak Hamdan Habib Haidar membahas Internet of Things dalam agroteknologi dan peternakan, sementara Prof. Dr. Gembong Danudiningrat menyampaikan materi tentang optimalisasi pertanian berkelanjutan di era industri 5.0.

Antusiasme mahasiswa terlihat dari partisipasi aktif dalam seminar. Diharapkan, ilmu yang diperoleh dari seminar ini akan menjadi bekal bagi mahasiswa saat melaksanakan PKL di lokasi masing-masing. Seluruh rangkaian acara ini diharapkan mampu menjadikan mahasiswa UMNU Kebumen siap untuk terjun dalam dunia industri, membawa nama baik almamater, dan memberikan kontribusi positif dalam perkembangan ilmu pengetahuan di masyarakat.