Tim PKM-KC Mahasiswa UMNU Kebumen Menciptakan Kandang Burung Puyuh Berbasis Android

Kebumen – Inovasi terbaru m

Kaprodi Teknik Informatika, Akhmad Fadjeri, M.Kom., sekaligus Dosen Pembimbing bersama mahasiswa TIM PKM-KC

uncul dari mahasiswa Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen, yang berhasil menciptakan kandang burung puyuh dengan sistem pengoperasian yang dapat dikendalikan melalui “Remot Puyuh”. Remot Puyuh merupakan sebuah aplikasi Android yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol berbagai komponen yang ada di dalam kandang burung puyuh tersebut.

Tim ini dikoordinasi oleh satu dosen pembimbing, yaitu Bapak Akhmad Fadjeri, S. Pd., M. Kom., (Dosen Informatika), dan terdiri dari lima anggota, masing-masing berada di semester 5, yakni Terresa Alicia, Labib Zuhair Muntasir, Khafidurohman, Ready Tri Defani Khudaedi, dan Tasirin. Menariknya, anggota tim ini berasal dari program studi yang berbeda, seperti Pendidikan Bahasa Inggris, Informatika, dan Peternakan. Melalui kolaborasi lintas jurusan, tim ini berhasil menghasilkan berbagai luaran, termasuk publikasi jurnal, perolehan hak cipta (HaKI), artikel ilmiah, berita, serta produk fungsional berupa prototipe kandang burung puyuh yang telah dimodifikasi dan aplikasi android “Remot Puyuh”. Kandang burung puyuh ini dimodifikasi dengan peralatan modern yang menggunakan Arduino Mega 2560 dan ESP32 yang menjadi fungsi utama untuk menggerakkan komponen-komponennya.

Proyek ini diinisiasi setelah Tim PKM-KC berhasil meraih pendanaan sebesar Rp 8.000.000 dari Belmawa. Pengerjaan proyek telah dimulai sejak tanggal 15 Juni 2023 hingga 15 November 2023. Guna mendukung proyek ini berjalan lancar, pihak kampus memberikan dukungan berupa dana sebesar Rp 1.350.000 dan tempat pengerjaan di GOR Talenta

UMNU Kebumen yang berlokasi di Klirong.

“15 November 2023 menjadi hari di mana Tim PKM-KC UMNU Kebumen telah berhasil menyelesaikan proyeknya dalam menjalankan amanah dari pemerintah untuk berinovasi dan berkreativitas dengan mengaitkan pada bidang teknologi. Mengingat PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa – Karsa Cipta) merupakan bidang yang memiliki teknologi level tertinggi,” ujar Bapak Akhmad Fadjeri di UMNU Kebumen, Indonesia.

“Saya berharap dengan adanya program ini, mahasiswa menjadi lebih semangat dalam berkreativitas dengan terus berinovasi pada teknologi,” kata Terresa Alicia.