Project Based Learning TI – Bapak Tahu Gelang

Project Based Learning Prodi Teknik Informatika UMNU Kebumen, Memberikan Dampak Positif dan Manfaat Bagi Masyarakat Desa Gelang Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara

Kebumen, 6 Juli 2023 – Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen telah menyelesaikan kegiatan Project Based Learning dengan baik. Project Based Learning ini merupakan salah satu program MBKM mandiri yang di selenggarakan oleh Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen pada 2 bulan terakhir ini. Penyelenggaraan program ini di mulai pada 8 Mei 2023 – 7 Juli 2023, berlokasi di kabupaten Banjarnegara.

Project Based Learning (PBL) adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan suatu kegiatan sebagai media belajar. Metode ini menuntut mahasiswa untuk dapat melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Dengan tujuan Project Based Learning (PBL) yaitu untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah, serta memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran.

Pelaksanaan Program Project Based Learning ini menemukan sasaran lokasi di Desa Gelang, Kec. Rakit, Kab. Banjarnegara. Pada kegiatan pertama mahasiswa PBL melakukan observasi sekaligus perizinan tempat pada desa tersebut, ada 3 titik observasi yaitu di Pemerintah Desa Gelang (Balaidesa Gelang), UMKM Desa Gelang (Pabrik Tahu Bapak Sanuri) dan MI Al-Ma’arif Gelang. Kedatangan Mahasiswa PBL UMNU Kebumen ini sangat diterima baik oleh Kepala Desa Gelang beliau Bapak Muh. Ansor. Sekaligus memberikan izinnya kepada mahasiswa PBL untuk bisa berkegiatan di desa tersebut.

Dalam kegiatan project based learning ini, mahasiswa telah berhasil membuat suatu sistem informasi yang mudah, cepat dan simpel dalam pengoperasiannya. Dalam hal ini sistem informasi tersebut merupakan sistem informasi Surat Desa digital yang menggunakan server local dan bisa di akses secara offline. Dengan menggunakan Surat Desa Digital ini memudahkan perangkat desa dalam hal ini Bapak Kasirin selaku kasi pelayanan masyarakat, akan lebih efisien dalam melayani masyarakat guna kebutuhan surat menyurat.

Selain membuat proyek surat desa digital, mahasiswa juga mengadakan kegiatan seminar digital marketing dengan sasaran para pelaku UMKM Desa Gelang, Karang Taruna, PKK, dan Gapoktan dengan narasumber yang ahli di bidangnya beliau Bapak Akhmad Fadjeri, S.Pd., M.Kom. Seminar ini merupakan sebagai bentuk penyuluhan dalam meningkatkan pemasaran secara digital agar memiliki cakupan yang lebih luas. Untuk tindak lanjutnya mahasiswa juga membuat suatu web sistem dan google maps untuk meningkatkan pemasaran salah satu UMKM di desa Gelang yaitu untuk Pabrik Tahu Bapak Sanuri. Dimana masyarakat luas bisa lebih mudah mencari informasi pabrik tahu yang ada di Desa Gelang. Berikut link web Bapak Tahu di https://gelang.pjbl-tiumnu.info

Tidak hanya sampai di proyek UMKM saja, mahasiswa juga mengadakan sebuah kegiatan pembelajaran dalam orientasi Microsoft Office di MI Al-Ma’arif Gelang dengan sasaran kepada siswa-siswi kelas 4 dan 5. Dalam kegiatan pembelajaran ini, siswa-siswi sangat antusias untuk belajar bersama, dari antusias yang luar biasa tersebut mahasiswa memberikan sebuah bentuk apresiasi kepada mereka atas semangat belajarnya dalam pembelajaran tersebut. Adapun proyek yang di buat untuk pengembangan sistem informasi di MI Al-Ma’arif Gelang yaitu mahasiswa membuat web company profile guna memperluas informasi sekolah. Untuk link ada di https://gelang.pjbl-tiumnu.info/cmssekolahku

Selesainya kegiatan project based learning ini, mahasiswa berharap masyarakat mampu menerapkan dan mengelola Sistem Informasi yang diberikan baik Aplikasi Pelayanan Desa Digital khususnya untuk Pemerintah Desa Gelang, Sistem yang ke arah Digital Marketing untuk para pelaku UMKM Desa Gelang serta pengembangan Company Profile untuk MI Al-Ma’arif Gelang. Sekaligus masyarakat dapat memanfaatkan kemampuan di bidang teknologi dari pelatihan yang sudah dilaksanakan.