umnukebumen@gmail.com
(0287) 6601209
+6282322246200
Jln. Kusuma No. 75, Kebumen

Wujudkan Pertanian Modern, UMNU Kebumen Gelar Seminar Ilmiah

img

Wujudkan Pertanian Modern, UMNU Kebumen Gelar Seminar Ilmiah

 

Fathurohman Wahid
24 Juni 2021, 06:38 WIB


KEBUMEN TALK - Program Studi Agroteknologi Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNUKebumen mengadakan Seminar Ilmiah dalam rangka Hari Krida Pertanian yang jatuh pada tanggal 21 Juni, di Grand Kolopaking Hotel Rabu, 23 Juni 2021.

Peserta dalam acara seminar ini adalah seluruh penyuluh pertanian yang berstatus Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (P3K) yang ada di Kabupaten Kebumen.

Hal ini, jelas Imam Satibi, disesuaikan dengan tujuan dari peringatan Hari Krida Pertanian itu sendiri yaitu momen untuk mengenang, menghargai para petani, peternak, pegawai dan pengusaha yang bergerak di dunia pertanian.

"Untuk itu dari UMNU Kebumen tepat sekali mengapresiasi para penyuluh pertanian yang berada di Kebumen sebagai salah satu pegawai yang bergerak di dunia pertanian," jelasnya.

Penyuluh pertanian Kebumen selalu berada di samping petani untuk bersama-sama memajukan pertanian Indonesia. Untuk itu seminar ilmiah pada kali ini mengambil tema “Peran Penyuluh Pertanian Menuju Pertanian Modern di Era Industry 4.0 dan Society 5.0.

Adapun tujuan tema ini sendiri adalah memberikan ilmu berupa materi tentang bagaimana peran penyuluh pertanian agar dapat mewujudkan pertanian di era Era Industry 4.0 dan Society 5.0. Karena mau tidak mau petani Kabupaten Kebumen harus diarahkan untuk bergerak menuju pertanian modern demi untuk kemajuan pertanian kita sendiri dan untuk mengatasi permasalahan yang dialami petani jika tetap mempertahankan teknik budidaya secara manual warisan dari nenek moyang.

Turut hadir dalam pembukaan seminar adalah Wakil Bupati Kebumen, Hj. Ristawati Purwaningsih, S.ST.,MM, Rektor UMNU Kebumen, Dr. Imam Satibi,M.Pd.I, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Ir. H. Tri Haryono, Kepala Dinas Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Bapak Drs. Asep Nurdiana, M.Si.

Wakil Bupati Kebumen hadir secara langsung untuk membuka acara seminar tersebut karena apresiasi beliau ke para penyuluh pertanian Kebumen.

Wakil Bupati berpesan agar para penyuluh pertanian mau meningkatkan kualitas SDMnya demi bisa memajukan pertanian Kebumen.

"Hal ini dapat ditempuh dengan melanjukan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi," jelasnya.

Setelah acara dibuka, selanjutnya diisi dengan pemberian materi dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Ir. H. Tri Haryono, dan Kepala Dinas Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Drs. Asep Nurdiana, M.Si.

Haryono menyampaikan materi tentang Membangun Pertanian di Era 4.0, yang kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh Kepala BKPPD, Drs. Asep Nurdiana, M.Si., yang menyampaikan materi tentang Pengembangan SDM Penyuluh Pertanian untuk Mendukung Pertanian Modern di Era Industry 4.0 dan Society 5.0.

Peserta seminar sangat antusias dalam menyimak materi dari kedua pemateri tersebut.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan diskusi. Peserta seminar menanyakan tentang bagaimana prosedur agar mereka bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi dan ijasahnya nanti dapat digunakan untuk kenaikan jabatan.

Dari BKPPD, menyampaikan agar diurus surat ijin belajarnya, kemudian jurusan yang diambil harus linear, akreditasi minimal Baik dan jarak tempuh juga tidak terlalu jauh.

"Harapan dari seminar ini, nantinya adalah program studi Agroteknologi UMNU Kebumen mampu mewadahi seluruh penyuluh pertanian yang akan melanjutkan pendidikannya ke tingkat Strata 1 karena Agroteknologi UMNU Kebumen sudah terakreditasi baik, kampus dekat masih dalam kota Kebumen dan linear jurusannya sesuai," jelasnya.

Sumber: https://kebumentalk.pikiran-rakyat.com/kabar-kebumen/pr-1272106113/wujudkan-pertanian-modern-umnu-kebumen-gelar-seminar-ilmiah?page=3

  • SOCIAL SHARE :