umnukebumen@gmail.com
(0287) 6601209
+6282322246200
Jln. Kusuma No. 75, Kebumen

Webinar

img

Webinar

Setelah sukses dengan gelaran webinar series "Pembelajaran untuk Generasi Alpha", Prodi PAUD UMNU Kebumen kembali menggelar webinar seri 2 bertema "Sukses Mengajar yang Asyik dan Menyenangkan"

“Harapannya webinar ini bisa memberikan manfaat untuk semua orang. Terkait pemahaman mengenai cara belajar yang asyik dan menyenangkan juga makin bisa dipahami. Guru Paud dituntut lebih mengasyikkan ketika sedang proses belajar,” kata Kepala Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Maarif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen, Aprilia Wahyuning MPd, Sabtu 24 Juli 2021.

Webinar diikuti mahasiswa Prodi Paud UMNU serta dari masyarakat umum. Tampil sebagai moderator Uswatun Khasanah MPd yang juga dosen prodi Paud UMNU. Sedangkan pemateri adalah Kang Deden, Founder GURAME (Guru Asyik dan Menyenangkan).

Sebagai tenaga pendidik, guru Paud diajarkan sebagai pengajar yang lebih asyik dan menyenangkan. “Ketika sedang mengajar benar-benar harus total. Diharapkan dapat menciptakan suasana yang menggembirakan dan yang pasti harus imut-imut. Agar anak-anak merasa nyaman,” jelas Deden.

Dijelaskan olehnya, seorang guru hendaknya dapat membangun suasana yang baik. Berikutnya, bisa mencintai apa yang dilakukan. Guru sejati, senantiasa mendidik putra-putrinya menjadi anak yang berkualitas. Oleh sebab itu, menjadi tenaga pendidik memang sosok yang luar biasa.

Dengan konsep “The Secret Of Change” yang meliputi strong (dorongan kuat), tool (cara, alat) dan habit (action atau pembinaan), pendidik anak-anak Paud harus selalu semangat. Bukan hanya itu saja, untuk mengembangkan konsep tersebut juga diimbangi dengan menciptakan lingkungan belajar bagus.

Beberapa cara menciptakan lingkungan belajar dibabar Deden. Pertama fun, senantiasa berupaya menciptakan lingkungan pembelajaran yang mengasyikkan agar ada keterikatan antara guru dan murid. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan tepuk bervariasi ataupun sambil bernyanyi. Kedua fresh, selalu update informasi agar dapat menjaga komunikasi yang tetap hangat. Ketiga focus, buatlah target bersama supaya tujuan lingkungan pembelajaran dapat tercapai. Keempat friendly, berjalanlah bukan hanya di depan atau di belakang mereka, tetapi juga di sampingnya supaya muncul keakraban.

Setelah selesai menciptakan lingkungan belajar, buatlah opening class. Adapun manfaat dari hal tersebut yakni membangun suasana hati gembira. Kemudian, memberi reward dan penguatan positif kepada anak didik. Berikutnya, memberi semangat beraktivitas dan dapat mengembalikan konsentrasi anak sehingga timbul kekompakan di kelas.

Pandemi yang masih berlangsung sampai sekarang membuat guru Paud berfikir kembali terkait proses pembelajaran. “Semua diajak lebih semangat serta dikolaborasikan dengan video dan konten menarik agar anak mudah menerima pembelajaran,” pungkasnya.

Buat yang ga sempat ngikutin, klik aja link VIDEO dibawah ini ya.

VIDEO

Sumber

  • SOCIAL SHARE :